Jumat, 08 April 2016

6 Jenis Buah Pisang dan Cara Memasaknya

Posted By: Irrafeisal - 02.24.00
Print Friendly and PDF
|
Buah pisang ternyata memiki beberapa jenis, seperti pisang raja, pisang nangka, pisang ambon. dan pisang lainnya. Ternyata buah pisang bisa diolah menjadi makanan enak dan lezat terkantung jenis pisangnya.

1. PISANG RAJA

Jenis pisang yang lezat pertama yaitu pisang raja. Umumnya buah pisang raja bentuknya melengkung. Kulit buahnya tebal dan kasar, warnanya menjadi kuning agak orenge saat matang dengan bintik-bintik hitam. Citarasa yang legit dan aromanya harum. Dalam satu tandan terdapat 6 – 9 sisir yang beratnya 12 – 16 kg. Tiap sisir berisi 14 – 16 buah. Pisang raja ini enak disantap langsung dalam bentuk matang atau bisa juga diolah menjadi Es Pisang Ijo.


2. PISANG KEPOK


Bentuk buah pisang kepok agak gepeng dan bersegi. Karena bentuknya gepeng, ada yang menyebutnya pisang gepeng. Ukuran buahnya kecil, panjangnya 10-12 cm dan beratnya 80-120 g. Kulit buahnya sangat tebal dengan warna kuning kehijauan dan kadang bernoda cokelat.

Pisang kepok ini dapat membantu proses penyembuhan penyakit batuk darah dan diabetes, karena dapat menjaga kadar gula dalam darah. Pisang kepok ini akan terasa manis jika dan lezat jika direbus atau digoreng. Bisa juga dibuat menjadi keripik pisang.

3. PISANG AMBON


Ciri-ciri pisang ambon yaitu berkulit halus dan berwarna kuning saat matang. Tekstur daging buahnya sedikit keras dan berwarna krem. Aroma harum dengan rasa manis yang pas membuat pisang ambon ini disukai semua orang.

Buah ini berasal dari Indonesia, namun merupakan salah satu produk andalan di negeri Belanda. Saat ini pisang ambong sudah di budidayakan dengan cara modern dan beberapa varian yang bisa menjadi pilihan bagi anda.

Pisang ambon yang memiliki rasa manis dan enak ini cocok dimakan langsung ataupun dibuat menjadi bolu atau cake pisang.

4. PISANG RAJA SEREH


Pisang raja sering memiliki ukuran buah yang kecil dengan panjang sekitar 10 – 15 cm dan diameter 3 – 4 cm. Kulitnya tipis dan waktu matang berwarna kuning kecokelatan dengan bintik-bintik cokelat kehitaman. Daging buah putih dengan rasa manis khas dan aroma harum. Dalam satu tandan terdapat 5 – 6 sisir yang beratnya 10 – 14 kg.

Sebagian orang menyajikan pisang raja sereh ini sebagai menu sarapan atau diolah menjadi kue nagasari / kue pisang.


5. PISANG TANDUK


Pisang tanduk merupakan pisang asal Sukabumi yang memiliki bentuk melengkung dan panjang seperti tanduk. Pisang ini tidak seperti jenis lainnya, produksi buahnya sangat sedikit. Satu pohon hanya menghasilkan tiga sisir, rata-rata tiap sisirnya terdiri dari 10 buah.

Kulit pisang tanduk agak tebal berwarna kekuningan berbintik cokelat atau kuning muda saat sudah matang. Daging buahnya putih kekuningan, rasanya manis agak asam, dan lunak. Pisang tanduk bermanfaat untuk kesehatan salah satunya membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung atau mual.
Pisang tanduk yang matang biasanya sering dijadikan bahan baku pembuatan kolak.

6. PISANG NANGKA


Pisang nangka berasal dari Malang Jawa Timur. Pisang ini memiliki ukuran yang besar panjangnya dapat mencapai 28 cm. Kulit pisang nangka ini pun tebal, meskipun begitu berat pisang ini hanya 150-180 g per buah. Daging buah berwarna kuning kemerahan dengan rasa manis sedikit asam dan aroma harum.
Pisang nangka yang sudah matang dapat dibuat menjadi keripik ataupun pisang goreng.

Nah, itulah beberapa jenis pisang yang enak dan lezat yang bisa diolah menjadi makanan yang mantap! Buah pisang jenis apa yang anda suka?


Get free daily email updates!

Follow us!

About Irrafeisal

“Jika Diluar Sana Orang Menganggap Diri Kita Tidak Baik, Ingatlah Satu hal Bahwa Langit Tidak Perlu Menjelaskan Bahwa Dia Tinggi” .

Posting Komentar

Translate Your Language

guest


close

Customer Testimonials


Flag Counter

Flag Counter

Follow Us on Facebook

tabel



free hit counter

share

jam

FWS

Copyright © 2015 All Rights Reserved

Blogger Templates Designed by Templatezy